Header Logo Gantari TV


7 Cara Mudah Membuat Sambal Anti Basi, Bisa Awet Hingga 3 Bulan

GANTARI.ID – Disaat harga cabai melonjak tinggi seperti sekarang ini, ada baiknya jika kita meminimalisir sambal yang tersisa.  Anda dapat mengikuti cara berikut ini, yaitu membuat sambal anti basi, yang bisa awet hingga 3 bulan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat sambal anti basi, seperti menumis sambal hingga benar-benar matang dan mengeluarkan minyak dan lainnya. Hal tersebut dilakukan agar sambal tahan hingga 3 bulan.

Berikut beberapa cara membuat sambal anti basi yang perlu anda ketahui, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Pastikan bahan dan alat membuat sambal bersih

Pertama cek ulang kebersihan bahan baku sambal beserta dengan peralatan untuk masak sambal. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel karena membuat kontaminasi, yang dapat membuat sambal cepat basi.

Oplet RegisterSpace IklanMilosti Oil

2. Sangrai atau goreng bahan sambal terlebih dulu

Sebelum membuat sambal, sangrai atau goreng terlebih dahulu bahan baku seperti cabai, tomat, pete, dan lainnya. Kemudian haluskan bahan-bahan tersebut.

3. Tumis sambal sampai keluar minyak

Setelah sambal sihaluskan, tumislah bumbu hingga semua bahan mengeluarkan minyak. Tumis dengan api kecil, sekitar 10 menit.

4. Pastikan sambal benar-benar matang

Pastikan sambal sudah benar-benar matang dengan melihat bahwa bumbu sudah mengeluarkan minyak, berubah warna dan beraroma.

5. Diamkan sampai suhu sambal turun

Kemudian setelah matang, pindahkan kewadah bersih dan diamkan hingga suhunya turun.

6.Siapkan wadah sambal dan sendok bersih

Setelah dingin, siapkan wadah yang bertutup rapat dab sendok bersih. Usahakan agar sendok dan wadah distelirkan dengan air panas. Jangan menggunakan sendok bekas untuk mengaduk sambal.

7. Simpan sambal di kulkas atau freezer

Untuk proses akhir, tutup sambal hingga benar-benar rapat dan tidak ada udara yang masuk. Simpan sambal kedalam kulkas ataupun freezer agar semakin tahan lama.  Sambal yang benar-benar matang bisa awet hingga tiga bulan bila disimpan pada kulkas.

Lamtiar Sihombing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *