Header Logo Gantari TV

 

Berikut Beberapa Tips Memberikan MPASI Pertama Pada Bayi Anda

GANTARI.ID – Tanpa mengurangi ASI, bayi yang sudah menginjak 6 bulan sudah bisa diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Mengenal bayi pada makanan padat adalah suatu hal yang sangat wajar, karena memiliki manfaat yang begitu baik terhadap pertumbuhan bayi. Berikut beberapa tips memberikan MPASI pertama pada bayi berusia enam bulan.


Pada umumnya bayi berusia enam bulan harus diberikan MPASI, karena makanan padat tersebut akan menambah nutrisi harian bai dan menambah daya tahan tubuh bayi anda. Namun beberapa bayi akan sulit menerima MPASI pertamanya, karena mereka yang sudah terbiasanya denga ASI atau susu formula. Dan berikut tips bagi ibu untuk memberikan MPASI pertama pada bayi anda.

MPASI memiliki manfaat yang baik untuk bayi anda selain membantu pertumbuhan anak,  MPASi akan membantu anak belajar menelan yang baik.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memberikan MPASI pertama pada bayi anda, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Beri MPASI saat bayi bahagia

Pertama, anda harus memilih waktu yang tepat misalnya disaat bayi anda sedang bahagia, tidak terlalu lapar, rewel dan lelah. Karena setelah meminum ASI, bayi masi memiliki ruang diperut untuk melahap makanan.

2. Pilih satu jenis makanan

Kemudian, anda harus memilih satu jenis makanan dan memperkenalkannya terlebih dahulu. Lalu untuk beberapa hari kedepan beri dengan makanan yang sama, lalu beri MPASI yang cocok berikutnya. Hal tersebut dilakukan agar reaksi alergi dan reaksi bayi terlihat pada bayi.

3. Perhatikan reaksi yang muncul

Namun jika bayi mengalami diare, ruam atau muntah setelah makan MPASI yang anda berikan, hentikan pemberian makan, jika masi terus berlanjut segera kosultasi pada dokter anak, agar lebih pasti

Lamtiar Sihombing

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: