Ciri Khas Rumoh Aceh, Mengenal Arsitektur yang Unik dan Menarik

 2,024 kali dibaca |

GANTARI.ID – Rumoh Aceh atau Rumah Adat adalah bangunan rumah tradisional dari suku Aceh yang mempunyai ciri khas dengan berbentuk rumah panggung berbahan dari kayu seumantok dengan tiang-tiang penyangga disetiap sisi nya.

Walaupun hampir semua bagian rumah hanya dipersatukan dengan tali ijuk, pasak, serta baji sebagai pengganti paku dan sekrup, akan tetapi konstruksi rumah ini sangat kokoh dan itu sudah terbukti saat gempa dan tsunami yang melanda wilayah Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 yang lalu.

Setiap Rumoh Aceh juga memiliki bentuk yang tidak sama satu dengan lainnya, akan tetapi sebagian rumah memiliki ciri khas yang sama, seperti mempunyai tangga didepan rumah dikarenakan rumah yang berbentuk panggung sehingga mempermudah orang ketika akan masuk kedalam rumah.


Selain itu, ciri khas lainnya yaitu tinggi rumah sekitar 2,5 sampai 3 meter dengan jumlah anak tangga yang ganjil. Rumah ini berbahan dasar utama kayu dengan atap daun rumbia. Dan ukiran maupun ornamen nya juga berbeda disetiap Rumoh Aceh, dimana semua Rumoh ini persegi panjang dan mengarah ke barat.

Sekarang Rumoh Aceh hanya tersisa di beberapa tempat saja di Aceh, seiring dengan perubahan waktu dan dinamika kehidupan masyarakat yang lebih memilih desain yang lebih modern.

Rumah adat Aceh biasanya terdiri dari beberapa ruangan, diantara nya serambi depan (seuramoe keue), serambi tengah (seuramoe teungoh), dan serambi belakang (seuramoe likoot), lalu ada dapur (rumoh dapu), teras (seulasa), lumbung padi (kroong padee), tiang (tamee) dan gerbang (keupaleh). Namun hanya tokoh masyarakat atau kalangan orang berada yang memiliki gerbang.

Rumoh Aceh dibangun menghadap ke timur dan sisi belakangnya menghadap ke barat, dikarenakan nilai-nilai Islam yang begitu melekat di masyarakat Aceh juga memberikan pengaruh cukup besar pada bentuk serta tata letak Rumoh Aceh. Dan hal tersebut dilakukan agar rumah selalu menghadap ke arah kiblat (Mekkah), sebagai simbol bahwa orang yang menetap di rumah tersebut selalu menjalankan perintah agama.

 

Baca Juga : Wisata Bahari Pantai Gapang, Keindahan dan Ketenangan di Pulau Weh

Radio Online

 

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

 

 

 

 

 

 



Avatar

Jay S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *