Header Logo Gantari TV


Ekonomi Kreatif Menjadi Ujung Tombak Perekonomian Indonesia

GANTARI.IDIndonesia mempunyai potensi besar pada bidang ekonomi kreatif. Hal tersebut didukung oleh sumber daya alam yang melimpah dan populasi atau pasar dalam negeri yang berjumlah banyak.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua Kadin Bidang Industri Johnny Darmawan mengungkapkan, bahwa pada tahun 2019, ada sekitar 17 subsektor ekonomi kreatif yang berkontribusi sebesar jumlah Rp1105 triliun pada PDB Nasional. Pencapaian tersebut membuat Indonesia menduduki posisi ketiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam hal pencapaian ekonomi kreatifnya. Dengan hal tersebut, menjadi tantangan dalam mendorong industri kreatif. Kadin berpandangan bahwa ekonomi kreatif menjadi salah satu ujung tombak untuk ekonomi Indonesia kedepannya,” ucap Johnny Darmawan, dalam peluncuran bio sneakers secara virtual pada Selasa 18 Mei 2021

Dalam mendukung pada ekonomi kreatif, Kadin bersama Dewan Serat Indonesia (DSI) meluncurkan bio sneakers, sepatu hasil karya anak bangsa dari industri kecil. Kadin berharap, dengan peluncuran sepatu buatan lokal ini dapat memacu para industri kreatif untuk berkembang. Johnny mengungkapkan, bio sneakers ini dikembangkan oleh seoarang wirausaha muda yang dukungan Balitbang Pasca Panen Kementerian Pertanian. Sepatu tersebut bahan bakunya hampir 100% berasal menggunakan pohon dan serat-serat alam lokal.

Penggunaan bahan alami tersebut menjadi sangat penting. Sebab salah satu dari isu global pada saat ini adalah, pengurangan material komposit yang berbasis serat sintetis yang bisa merusak lingkungan, serta memberikan dampak pada perubahan iklim. Kadin mendukung penuh upaya dari para pelaku industri kreatif untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan industri persepatuan yang berbasis serat alam. Mengingat dari potensi bahan baku yang berlimpah, pihaknya yakin bahwa industri perseratan di Indonesia menuju industri nasional yang berkelanjutan akan segera terwujud,” katanya.

Milosti OilWarga Mencatat AmalmuSpace Iklan

Rencananya bio sneakers ini akan segera dipamerkan dalam ajang fashion Dunia di Paris, Prancis pada akhir tahun 2021. Bahkan sepatu tersebut akan digunakan pada saat peragaan busana di ajang tersebut.

Ulam Taro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *