Header Logo Gantari TV


ITS Berikan Alat Deteksi COVID-19 Aroma Ke Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya

GANTARI.ID – Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh (ITS) Nopember Surabaya, Riyanarto Sarno menyerahkan alat pendeteksi COVId-19 yang berbasis dari aroma keringat ketiak (I-Nose C-19) kepada Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya.

Ketua Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Sepuluh (ITS) November surabaya, Muhammad Nuh sangat mendukung penuh atas langkah tersebut dalam mengembangkan dan mengaplikasikan I-Nose C-19 sebagai skrining kesehatan kepada publik. Akan tetapi, harus sesuai melalui dengan tahapan uji klinis dan regulasi yang ada. Intinya go a head, untuk sampai ke final ada beberapa langkah tahapan yang harus dilakukan, ” kata M. Nuh pada Senin tanggal 22 Februari 2021.

Yang rencananya, I-Nose C-19 akan segera dapat digunakan langsung ke beberapa rumah sakit (RS) yang ada di Surabaya sebagai tahapan awal pada pemeriksaan ataupun skrining kepada para pasien, usai di nyatakan lolos uji klinis serta tahapan lainnya. Dirinya lantas mengatakan, mengapresiasi langkah yang dilakukan ITS November surabaya yang mau untuk bekerja sama dengan pihak RSI Jemursari Surabaya. Juga nantinya ada di RSUD dr. Soetomo, RSI Jemursari, dan juga di RSI Ahmad Yani.

Warga Mencatat AmalmuSpace IklanMilosti Oil

Pihaknya juga menyampaikan sangat terimakasih dan penghargaan atas kerjasama ITS November Surabaya dan RSI yang telah di lakukan. Tidak menutup kemungkinan alat pendeteksi COVId-19 tersebut bisa digunakan di dalam Asosiasi RS NU,” ucapnya. Sementara itu, Guru besar ITS November Surabaya, Riyanarto Sarno mengakui bahwa inovasi teknologi pendeteksi COVId-19 tersebut telah melalui beragam seleksi uji klinis.

Dan bahkan, dari tim pengembangan perangkat lunak yang berbasis kecerdasan buatan, dipimpin oleh Guru Besar dari Departemen Teknik Informatika ITS yang juga ikut melibatkan para mahasiswa dari jenjang Magister dan Doktoral tersebut, telah dipraktikan ke beberapa relawan atau pasien dan hasilnya dinyatakan dapat untuk digunakan.

.

Ulam Taro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *