Header Logo Gantari TV


Menkes Budi Gunadi Menjelaskan Bahwa Stok Vaksin Indonesia Tinggal 7 Juta

GANTARI.IDMenteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, bahwa dengan  meningkatnya kasus Covid-19 di India telah membuat embargo vaksin. Sebab dari sejumlah vaksin Covid-19 tersebut diproduksi di India.

Berita buruknya, India itu termasuk meningkat terhadap kasus Covid -19 dan telah di embargo vaksinnya tidak boleh keluar vaksin AstraZeneca yang dikirim ke WHO atau GAVI. India termasuk pabrik vaksin yang terbesar Dunia selain Cina. Jadi Novavax, AstraZeneca diproduksi cukup besar di India. Dirinya dengan pfizer juga ada. Ini berdampahk pada Akibat kurangnya suplay. Jadi akan direalokasi lagi,” ungkap Menkes Budi Gunadi pada saat rilis survei nasional Charta Politika pada Minggu tanggal 28 Maret 2021.

Seperti telah diketahui, AstraZeneca adalah merupakan salah satu vaksin yang telah digunakan Negara Indonesia. Dirinya mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca juga banyak digunakan di Eropa. Vaksin tersebut sudah masuk geopolitikal isu. Indonesia beruntung telah mempunyai empat sumber. Satu terkena masih ada tiga, meskipun agak pincang – pincang.

Space IklanOplet RegisterMilosti Oil

Menurut dirinya bahwa pada bulan Maret hingga di bulan April, Indonesia seharusnya akan mendapat jatah sebanyak jumlah 11, juta dosis AstraZeneca. Dan ini baru kayak beru mendapat kemarin sebanyak jumlah 1,1 juta. Yang jumlah sisanya 10,6 juta nyangkut,” ungkapnya. Sementara untuk disaat ini, stok vaksin yang masih tersedia hanyalah dari vaksin Sinovac sebanyak jumlah 7 juta dosis. Untuk laju penyuntikan lima ribu per harinya. Meskipun telah memiliki jumlah 7 juta itu artinya hanya selama 14 hari. Pihaknya sekarang tengah mengatur dengan sisa yang ada,  perlahan- lahan akan pihaknya tahan,” ucapnya.

Lebih lanjut Menkes Budi Gunadi mengungkapkan, bahwa terhadap jumlah angka pelaksanaan vaksinasi di Indoneusa telah mencapai jumlah angka 10 juta. Dan bahkan diantara dari negara – negara yang tidak memproduksi vaksin, negara Indonesia telah masuk empat besar. Bagi negara yang tidak produksi vaksin Indonesia masuk empat besar Dunia dan menyusul Israel serta Prancis.

Ulam Taro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *