Header Logo Gantari TV


Opensignal: Pemutusan Jaringan 3G Bakal Tingkatkan Pengalaman Seluler Indonesia

GANTARI.IDOpenSignal menganalisis, bahwa pemutusan jaringan 3G akan  mampu meningkatkan pengalaman seluler para pengguna di Indonesia.

Sekadar informasi, berdasarkan analisis OpenSignal, sebanyak 15,8 persen masyarakat Indonesia ternyata tidak pernah memakai layanan 4G.

Terdapat tiga alasan yang menyebabkan hal ini. Pertama, karena 67,5 persen pengguna 3G only tidak berlangganan 4G meskipun sudah memiliki smartphone dan terkover jaringan 4G.

Kedua, karena pengguna tidak memiliki perangkat 4G. Sebanyak 16,8 persen dari pengguna 3G only yang berada di wilayah terkover 4G tetapi tidak memiliki smartphone  dengan jaringan 4G.

Ketiga, karena masyarakat tidak terjangkau jaringan 4G (10,9 persen pengguna 3G only punya smartphone 4G tetapi jaringannya tidak ada).

Dari para pengguna 3G only ini, analisis OpenSignal mengungkap bahwa, kecepatan unduh dengan 3G sangat rendah, rata-rata hanya 5,5Mbps. Kecepatan tersebut 60 persen lebih lambat ketimbang kecepatan unduh pengguna 4G.

OpenSignal juga mengungkap bahwa, sebanyak 82,4 persen pengguna 3G only terhubung ke jaringan data seluler tiap saat, lebih rendah 14,4 persen dari pengguna koneksi 4G.

Hal ini memperlihatkan bahwa pengguna 3G only yang ada di jangkauan 4G akan mengalami peningkatan pengalaman penggunaan seluler jika meningkatkan layanan ke 4G.

Warga Mencatat AmalmuSpace IklanMilosti Oil

Untuk itulah, OpenSignal melihat bahwa saat ini operator di Indonesia perlu menghapus spektrum 2G dan 3G guna memaksimalkan 4G dan 5G.

“Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam pengalaman jaringan seluler, namun cara spektrum digunakan untuk layanan seluler membatasi Indonesia mewujudkan potensi penuh,” tulis OpenSignal.

OpenSignal juga menyebut, operator Indonesia akan mendapatkan manfaat jika pengguna melakukan migrasi dari 3G ke 4G dan memperbarui pita spektrum yang dipakai menggelar 2G dan 3G ke layanan 4G.

Lamtiar Sihombing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *