Header Logo Gantari TV


Tingkat Akurasi Dinilai Tinggi, Tiongkok Wajibkan Warga Asing Swab Anal COVID-19

GANTARI.ID – Akhir-akhir ini, pemerintah Tiongkok telah mewajibkan setiap warga negara asing yang ingin memasuki negaranya agar melakukan swab anal untuk mendeteksi COVID-19.

Melansir The Times UK, Sabtu (6/3), pemerintah Tiongkok telah mengklaim jika tes semacam itu memberikan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada metode skrining virus yang lainnya.

Dilakukannya hal tersebut merupakan sebagai bagian dari persyaratan perjalanan baru mereka, dan pihaknya membuat sebuah pusat pengujian di bandara Beijing dan Shanghai.

Namun hal tersebut sempat mendapat protes dan dikecam oleh AS dan Jepang yang meminta agar Tiongkok berhenti melakukan hal tersebut, sebab menurut mereka tes itu ‘tidak bermartabat’.

Diketahui pada Selasa (2/3), Tiongkok setuju untuk berhenti menggunakan swab anal pada diplomat Amerika setelah beberapa anggota pemerintahan Presiden AS Joe Biden tersebut mengeluh tentang metode tersebut.

Milosti OilOplet RegisterSpace Iklan

Kemudian pada hari Rabu, Pemerintah Jepang juga berbicara mengenai ‘penderitaan psikologis’ yang dialami oleh warganya dari tes tersebut.

Dalam konferensi pers, kepala sekretaris kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan bahwa “Beberapa orang Jepang melaporkan ke kedutaan kami yang ada di Tiongkok bahwa mereka menerima tes usap dubur, yang menyebabkan rasa sakit psikologis yang hebat”.

Akan tetapi Wang Wenbin selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok tetap membela penggunaan tes tersebut, sebab dianggap akurat dan berbasis sains yang lebih ampuh.

Lebih lanjut Wang Wenbin juga mengatakan “Sesuai dengan perubahan situasi epidemi serta hukum dan peraturan yang relevan”.

Melansir Reuters, Sabtu (6/3), serangkaian tes penuh harus dijalani oleh para pelancong dan pengunjung yang terbang ke Shanghai. Dan, termasuk swab anal jika lebih dari lima orang di pesawat di tes positif terkena COVID-19.

Tes usap anal tersebut dilakukan dengan kapas steril dan dimasukkan sedalam 3 cm hingga 5 cm ke dalam anus sebelum diputar keluar dengan hati-hati. Sementara untuk turis dari daerah di mana virus merajalela, atau mereka yang dites positif pada saat kedatangan juga harus menjalani tes semacam itu.

Ulam Taro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *